Dari AIDA Hingga Upselling: Istilah Pemasaran yang Harus Diketahui di Retail

Dalam dunia retail yang kompetitif, pemahaman terhadap istilah-istilah pemasaran yang mendasar dan strategis adalah kunci untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan mencapai kesuksesan penjualan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa istilah pemasaran penting, mulai dari AIDA hingga upselling, yang wajib diketahui oleh para pelaku bisnis retail.

1. AIDA: Attention, Interest, Desire, Action

Model AIDA adalah konsep dasar yang menggambarkan perjalanan emosional yang diharapkan dialami oleh pelanggan sebelum mereka membuat keputusan pembelian.

  • Attention (Perhatian): Fase pertama adalah menarik perhatian pelanggan dengan menggunakan pemasaran kreatif, iklan menarik, atau tampilan produk yang menonjol.
  • Interest (Minat): Setelah mendapatkan perhatian, langkah berikutnya adalah membangkitkan minat pelanggan dengan mengkomunikasikan manfaat dan nilai produk.
  • Desire (Hasrat): Pelanggan harus merasa diinginkan untuk memiliki produk atau layanan tersebut. Ini dapat dicapai dengan menyoroti keunggulan produk dan membuat pelanggan merasa memiliki kebutuhan.
  • Action (Tindakan): Pada tahap akhir, tujuan adalah mendorong pelanggan untuk mengambil tindakan pembelian, entah itu membeli produk di toko fisik atau online.

2. Branding: Membangun Citra Merek yang Kuat

Branding melibatkan penciptaan citra merek yang kuat dan konsisten di mata pelanggan. Ini mencakup elemen-elemen seperti logo, desain kemasan, warna, dan nada komunikasi yang digunakan dalam semua aspek bisnis.

3. Segmentation, Targeting, Positioning (STP): Segmentasi, Penargetan, Posisi Pasar

STP adalah pendekatan strategis yang penting dalam merumuskan pesan dan kampanye pemasaran yang tepat sasaran. Segmentasi melibatkan pembagian pasar menjadi kelompok pelanggan yang berbeda, penargetan memilih kelompok mana yang akan dituju, dan posisi pasar adalah cara merek ingin dilihat oleh pelanggan dalam perbandingan dengan pesaing.

4. Call to Action (CTA): Ajakan Bertindak

See also  10 Ide Promo Dahsyat yang Akan Meledakkan Penjualan Anda! Jangan Lewatkan Kesempatan Emas Ini!

CTA adalah pernyataan atau instruksi yang merangsang pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mengisi formulir, atau menghubungi toko.

5. Cross-Selling dan Upselling: Meningkatkan Nilai Transaksi

  • Cross-Selling: Mengajak pelanggan untuk membeli produk tambahan yang terkait dengan pembelian asli mereka. Contohnya, jika seseorang membeli ponsel, mereka mungkin juga tertarik membeli casing atau aksesori.
  • Upselling: Mengajak pelanggan untuk membeli versi yang lebih mahal atau fitur yang lebih lengkap dari produk yang mereka pertimbangkan. Misalnya, menawarkan laptop dengan spesifikasi lebih tinggi kepada pelanggan yang sedang melihat laptop dengan spesifikasi standar.

Dengan memahami dan menerapkan istilah-istilah pemasaran seperti AIDA, branding, STP, CTA, cross-selling, dan upselling, pelaku bisnis retail dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, membangun merek yang kuat, dan meningkatkan pengalaman belanja serta nilai pelanggan. Dalam dunia yang terus berubah, pemahaman mendalam tentang konsep-konsep ini menjadi kunci untuk tetap relevan dan sukses di pasar retail yang kompetitif.

Jelajahi Jargon Retail: Apa Itu Merchandising dan Visual Merchandising?
Apa Itu ‘Loss Leader’? Rahasia di Balik Strategi Harga Miring dalam Bisnis Retail!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Recently Viewed
Categories